Drama Prambanan Jazz – Part 2 (End)

Travel

Hari pertama terlewati dengan happy ending. Prambanan Jazz (PJ) 2017 hari kedua jadi tambah seru (dan super menyebalkan) dengan adanya drama. Kali ini ga cuma penonton aja yang kena PHP tapi artis dan manajemennya juga.

Hari Kedua

Diawali dengan pecah tiket yang kali ini lancar, dan lanjut beli tiket masuk ke Prambanan. Kali ini gantian kena PHP dari pengelola candi. Antrian udah panjang sampai ke belakang tapi ga maju-maju padahal udah urutan keempat.

Petugas di dalam terlihat membicarakan sesuatu dan biasa saja. Saking keselnya sempet ambil foto ngetwit ke official accountnya PJ karena ga ada satupun yang kasih pengumuman. Hey, kita ini nungguin apa?

Anehnya tiba-tiba counter sebelah yang jualan tiket terusan Borobudur-Prambanan-Ratu Boko dibuka dan disuruh pindah ke sebelah. Antrian hancur lagi. Yowislah. Pindah.

Ternyata disitu kami harus membayar tiket pelajar seharga Rp. 20,000, setengah dari tiket reguler wisatawan domestik. Langsung deh menduga-duga, kemarin ada penonton yang protes kali. Iyalah, kalo bayar sendiri mah masih okelah bayar Rp. 40,000 (atau 45 ya, aku lupa). Kalo mesti bayarin sekeluarga lumayan tuh, bisa berefek ngurangi budget pasang keramik bulan depan. Jatah lipstik istri berkurang juga. Kan gawat tuh.

Lanjut masuk ke dalam, masih belum jam 1 jadi seperti biasa masi gabole masuk. Nunggu bentar. Sampai ke dalam ternyata juga masih pada check sound. Mikir lagi, dari tadi pagi ngapain? Hari kedua juga ngaret lumayan lama, kalo ga salah sekitar 2 jaman. Waktu ini dimanfaatkan buat ngantre cari makan dan ngopi.

Oiya lupa cerita di part pertama, makan aja mesti rempong beli card BRIZZI (semacem e-cash) dan mesti berulang-ulang top up. Memang si waktu transaksi jadi lebih praktis. Ga perlu susah-susah ngambil duit, ngitung, dan nyari kembalian. Tapi di hari pertama lumayan ngeselin soalnya keburu laper tapi mesti ngantri buat beli card dan top up dulu. Mana disitu juga area susah sinyal. Kadang nunggunya agak lama sampai dapat approval transaksi.

(Sempet foto di satu-satunya karya seni yang dipajang. Walaupun judulnya art and culture festival, tapi bisa dibilang nyaris ga ada culture dan ini satu-satunya karya seni yang ditemukan. Intinya ini acara musik biasa dengan judul yang beda dengan apa yang disuguhkan.)

Nah, setelah kenyang balik ke panggung lagi. Kali ini udah mulai ngeselin karena jatah manggung setiap performer DIPANGKAS. Alesannya jelas karena di awal udah ngaret, efeknya sampai ke belakang. Ga perlu diumumin penonton juga udah tau. Salah siapa? Ga ngerti juga. Sekali lagi aku mulai belajar memaklumi dengan memposisikan diriku sebagai penyelenggara event segede itu dan harus berurusan dengan:

  1. Pengelola Candi Prambanan sebagai yang punya rumah. Tentunya mereka punya aturan main yang ga mungkin simple, mengingat aset mereka juga merupakan peninggalan sejarah yang tak ternilai.
  2. Aparat dan pemerintahan. Hm… Ga komen ah.
  3. Arteeesss dan manajemennya dengan idealisme dan ego mereka sebagai seniman yang susah diganggu gugat. Ya iya lah, mereka berharap untuk tampil total buat nyenengin penonton dan menjaga nama baik mereka juga.
  4. Para tenant di pasar kangen, sponsor, pengelola penjualan tiket (Tiketapasaja) dan ga ketinggalan…
  5. Sederet manusia ndruwis yang minta ini itu anu untuk memperlancar acara.

Oke, setelah memikirkan itu aku mulai ngelu dan memilih nyari kopi aja. Intinya Gaes, berapapun keuntungan yang mereka raup itu ga lepas dari berbagai macem keribetan dan keruwetan. Lagi, manajemen itu ga semudah kamu bilang sayang ke pacar temenmu. Walopun itu menurutmu udah sulit, ngebayangin ngatur segitu banyak pihak itu udah pusing. Apalagi yang menjalankan. Kalo tiga kali penyelenggaraan, yang kali ini ruwet ya dimaklumi lah.

Ini line up untuk hari kedua:

Di sela-sela show, MC mengumumkan bahwa Sarah Brightman akan manggung di stage satunya jam 9 tet, padahal saat itu Tulus manggung sekitar jam 9 kurang 20. Eh, mas ntar Afgan ntar apa kabar? Beneran deh, setelah Tulus manggung tanpa ada ba bi bu, panggung gelap dan sound mati. Suara Sarah udah mulai kedengaran dari panggung sebelah.

Penonton udah mulai rontok karena pindah ke panggung sebelah, meninggalkan kami dengan sekelompok besar fans Afgan(isme). Masih menunggu, tidak ada info apapun sampai lumayan lama. Kami semua celingukan dan merasa kena PHP karena tidak ada info apapun dari panita.

Tiba-tiba lampu nyala dan Afgan masuk ke stage dengan ekspresi super dongkol. Ya, sesuatu telah terjadi dan kita ga ngerti apa masalahnya. Soundnya pelan banget, ga kaya tadi. Volume cenderung naik turun. Kita mikir, oh pihak Sarah ga mau suaranya bocor. Memang Afgan sempet cerita di stage kalo dia bete gara-gara acara molor, tapi kami masih tetep clueless dengan apa yang terjadi, walaupun kita 100% nyadar: ada masalah di backstage. Karena udah males, akhirnya aku yang kelaperan ninggalin stage dan nyari sosis bakar di Pasar Kangen yang lokasinya jejeran sama stagenya Sarah.

Eh, ternyata shownya mbak Sarah dijeda 20 menit. Pikirku, mungkin suaranya Afgan bocor sampai kesitu. Setelahnya udah ga ngerti karena akhirnya kita ke parkiran karena udah kecapean. Parkiran hari kedua ini lumayan semrawut dan macet sampai harus tiduran dulu di mobil sekitar setengah jam nungguin enggak macet. Belum selesai, mobil masih ketutup mobil lain yang parkir lurus, mesti dorong-dorong dulu. Sementara hari kedua selesai dengan dongkol.

Hari Ketiga

Nah ini nih puncaknya dongkol. Udah berangkat siangan tapi belum mulai juga, sampai total molor selama 3 jam! Dengan sinyal yang putus sambung akhirnya cari tahu di twitter. Eh, malah dapet penjelasan soal kasus di malem sebelumnya dari instagramnya akang Afgan.

Yagitu dee ceritanya, jadi memang PJ ga cuma berhasil PHP penonton, tapi juga PHP artis dan manajemennya. Ga salah juga si kalo Afgan maksain naik ke stage walaupun diusir, ga lucu kalo sampai tempatnya magabut, dibayar tapi ga manggung. Ntar malah Afgannya sendiri yang dapet nilai buruk dari penonton dan fansnya.

Setelahnya, ternyata CEOnya Rajawali, Mas Anas buat klarifikasi yang bisa dilihat di instagramnya PJ. Intinya dia dengan gentle meminta maaf kepada Afgan, manajemen, dan fansnya karena harus membuat keputusan yang sulit. Alasannya sangat klasik, yaitu miskomunikasi.

Promotor menginginkan Afgan tampil setelah Sarah, tetapi pihak Afgan tidak mau. Yomestilah, kasian penontonnya nunggu. Ga enak juga si kalau mereka manggung tapi udah pada bubar. Masalahnya memang pihak Sarah tidak menginginkan ada kebocoran suara sama sekali supaya penonton bisa menikmati lebih maksimal. Tetapi memang masalahnya susah banget nyenengin orang banyak, akhirnya jalan yang ditempuh seperti yang sudah terjadi di malam sebelumnya. Sarah main, kemudian Afgan manggung sementara Sarah break, kemudian Afgan menyelesaikan sampai 5 lagu, dan Sarah lanjut lagi sampai tuntas.

Ngebayangin kalo aku di posisi mas Anas, semua orang melihat ke arahku dan mengharapkan solusi yang melegakan banyak orang dalam tempo sesingkat-singkatnya, pasti udah berusaha ngabur nyari teh anget. Apapun kekurangannya sebagai manusia, aku kok menganggap dia dan timnya sudah mengusahakan yang terbaik. Walaupun hasilnya memang belum maksimal dan tidak berhasil menyenangkan sebagian besar orang.

Untuk klarifikasi dari Mas Anas bisa dilihat di Klarifikasi 1 dan Klarifikasi 2.

Setelah puas ngorek-ngorek gosip juicy dan baca kemarahan dan metion orang-orang yang ga puas, akhirnya mata kembali tertuju ke stage. Diatas banyak aktifitas, alat musik yang udah dipasang entah kenapa diturunin lagi dan diganti. Akhirnya ada yang tampil walaupun tidak ada di line up. Band dari Bapak Ibu kepolisian. Baeklaaaaaaaahhhh…

Ambil foto mainstream dulu biar ga sebel.

Ini line up hari terakhir yang masih berisi sedikit musisi jazz. Tahun ini ada NDX, mungkin tahun depan mereka bakal datengin Via Valen ke Prambanan Jazz. Orapopo. Karepmu. Bebas kok.

Beruntunglah penjual di pasar kangen, banyak penonton sebel seperti aku yang akhirnya berakhir jajan walaupun jaraknya sama stage lumayan jauh dan mesti nyeberangi lautan manusia. Selesai penampilan Bapak Ibu Polisi, akhirnya NDX naik ke panggung. Mereka katanya udah nyampe situ jam 11, sampai akhirnya ditinggal tidur dan baru bisa manggung setengah 5. Ga tau kenapa ga diiringi live band, teriak next aja macem di karaokean. Yup, NDX di PJ. Lumayan buat ngakak-ngakak seru-seruan. Tapi kasian juga mereka jadi korban molorisme.

Kami bertahan sampai Payung Teduh perform. Hari ketiga penonton tumpe-tumpe sampai ga dapet gelang. Parkiran apalagi, sampai ke jalanan luar. Nahloh, apa yang ditakutkan terjadi juga. Parkiran samping dan belakang tidak dibuka seperti dulu dan akhirnya mengganggu perumahan warga. Saat pulang, banyak mobil yang parkir di trotoar di area parkir candi.

Temen yang masih disana bilang kalo setengah 10an masih sampai Yovie (kalo ga salah), dan akhirnya special show tetep main saut-sautan sama stage kelas recehan. Untung ajaaaa walopun seneng sama Kla, aku cuma beli tiket festival.

Kapok sama eventnya Rajawali? Agak si. Sempet pengen nonton Dream Theatre, tapi langsung pupus seketika setelah ngerti venuenya berubah dari candi Prambanan ke Stadion Kridosono. Ngeliat PJ ini kok agak ngeri ngebayangin parkir dan manajemen waktunya. Ga ngerti posisi stadionnya, tapi langsung kebayang macetnya Jogja dan ruwetnya disana nanti. Kalo di Prambanan mungkin masih tertarik karena di area yang tidak terlalu ramai. Mungkin.

Setelah semua selesai, dan aku sakit karena dari seminggu sebelumnya ga ada istirahat dan udah ga sehat, kok kayaknya aku gajadi kapok. Ya, kalau memungkinkan aku akan datang di event Rajawali atau PJ berikutnya. Walaupun acaranya ga nyambung, nyebelin, tetapi tetep entertaining, tapi tetep nyenengin lah buat hiburan yang deket-deket.

Bagaimanapun PJ 2017 karya orang Indonesia sendiri dan aku tetep ingin mereka berkarya dan tetep eksis. Kalo kapok rugi dong, ga dapet hiburan. Atau malah mesti nyari hiburan yang jauh yang belum tentu bagus apa enggaknya. Aku yakin kok Rajawali berusaha menyuguhkan yang terbaik, mereka ga ngarep juga ada yang kecewa. Didukung aja supaya mereka bisa memberikan yang lebih baik di event mereka yang selanjutnya.

Waktu melangkah pulang sempet liat ke belakang, masih ada suara mas Sandy Sandoro mengalun. Sebel si, tapi setelah 3 hari di Prambanan trus pulang seperti ada yang hilang. Yah, bagaimanapun drama itu juga salah satu bagian dari serunya cerita Prambanan Jazz.

Note: maaf kalau banyak kurang lebih dan kira-kira. Aku ngetik sambil berusaha mengais-ngais ingatanku yang lumayan parah.

Maaf lagi kalo foto alakadarnya. Males ngambil foto yang dari kamera. Ribet dan keburu pengen curhat. Walopun di kamera sebenernya ga ada apa-apa juga si. Cuma ngefoto Mas Ipang aja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s