Darling, Yuk PACKING!

Travel

Pernah ngerasa pengen bawa seisi lemari ke dalam tas? Napsu bawa semua warna lipstik, palet esedo dan semua skin care?

Calm down, darling. Tarik nafas panjang-panjang dan pikirkan kembali apa yang perlu dibawa.

Sebelum mengangkut semua isi laci meja rias, ini yang perlu dipikirkan

Tujuan Traveling

  • Kamu pergi mau ngapain? Business trip atau piknik? Kalo business trip yaudah bikininya ditinggal aja. Kecuali kamu stripper profesional mau manggung. Yauda.
  • Mau backpacking apa jadi wisatawan koper? Ini juga beda banget bawaannya. Eh, sekalian disclaimer, perhitungan di bawah kalo kamu bawa koper ya.

 

Suhu tempat tujuan

  • Jangan lupa cari tahu dimana kota yang akan didatangi. Apakah di kaki gunung atau di dekat pantai. Cek juga musimnya. Jangan-jangan bawa kaos dan celana pendek taunya winter lagi. Paling gampang tengok weather forecast.
  • Nah ini juga mempengaruhi skin care yang dibawa. Kalau ke pantai mesti bawa sunscreen dengan SPF di atas 30, kalau ke gunung atau winter mesti bawa pelembab yang tokcer daripada kulit kering dan ngelupas.

 

Lama trip

  • Nah ini penting. Kebutuhan jalan-jalan ke Karimunjawa 3 hari sangat berbeda kalo kamu minggat dari rumah selama sebulan. Believe me. Beda.

 

Karakter masyarakat kota yang dikunjungi

  • Mengunjungi kota yang sebagian besar penduduknya muslim? Hargai mereka. Lupakan semua baju yang mengekspos terlalu banyak kulit.

 

Udah? Berarti sekarang bisa lanjut ngitung dan milih barang bawaan ya…

Panties: sehari pastilah 2 bijik, udah jangan jorok. Itu mutlak. Kalau tripnya lama ga usah bawa terlalu banyak. Cuci aja. Bawa deterjen cair (biasanya untuk sutra atau bahan-bahan lembut) di tube kecil buat ngucek. Ribet? Cuci aja pake bath gel. Beres. Jemurnya di kamar mandi aja, jangan coba-coba jemur di balcony daripada kena teguran hotel/apartment yang kamu tinggali.

Bra: kalo sekiranya banyak berkeringat banget karena aktifitas fisik, sehari satu lah ya. Tapi kalo udara dingin atau AC terus, agak jorok gapapa. Pake lebih dari sehari. Percaya sama aku, ga bauk kok. Aku seneng pake sport bra kalo banyak aktifitas fisik, cepet kering, enteng, dan ga makan tempat.

Atasan/kaos: sehari 2. Pengen ngirit tempat, bawa dress ringan. Kalau business trip kalau terpaksa harus bawa blazer/jas pakai waktu berangkat biar ga lecek dan ga berat kopernya.

Bawahan: jeans/celana panjang berat pastikan dipakai saat berangkat atau pulang biar ga menuh-menuhin koper. Usahakan sabuk di koper. Ribet kalau di airport mesti lepas/pakai waktu pemeriksaan. Bawahan biasanya aku pakai lebih dari sehari. Sehabis pakai, balik, angin-anginkan. Seringnya aku bawa komplit kalau trip lama. Celana panjang, pendek, sama mini skirt yang jeans. Mini skirt pastinya yang nggak terlalu mini-mini juga kecuali memang baru niat ngamal.

Asesoris: pakai yang nempel di badan. Kecuali memang tujuannya ke pesta. Sah kalau bawa asesoris lebih. Kalo kamu bukan vokalis band rock ga usah pake sabuk/kalung metal/studded. Manjang-manjangin antrian pemeriksaan bandara.

Baju tidur: 1 baju tidur biasanya aku pakai 2-3 hari kalau kamar berAC. Catatan: sebelum tidur HARUS MANDI.

Sepatu/Sandal: 1 sneaker/sepatu formal dan 1 sandal/sepatu casual yang nyaman. Lagi: NYAMAN. Apapun tujuannya, sebagian besar orang traveling mengharapkan hasil yang semaksimal mungkin di tempat tujuannya. Jangan sampai nyesel gara-gara kaki sakit. Soalnya ga semua tempat nyediain kursi roda, dan pengelola tempat wisata kayaknya ga bakalan mau kasih pinjem kursi roda buat cewe geblek pake high heels ke candi Borobudur.

Tas: ini nih. Kalau jalan sama temen aku cuma bawa 2 tas. Backpack dan koper. Kalau cuma bawa backpack gede berarti bawa backpack dan day pack atau sling bag kecil di dalam backpack. Kalo sama mamaaaaaaa…. Nah aku biasanya bawa tas ekstra yang bisa dilipet di dalem tas. Aku sarankan ini buat kalian yang traveling ngajak Emak-emak. Kalo enggak mau bawa spare risikonya: nenteng oleh-oleh di dalam plastik ke dalam kabin pesawat.

Make up: lipstik, bawa 2 warna. 1 Warna netral/nude satu yang lebih bold atau deep. Teksturnya terserah mau matte atau gloss. Tapi kalau ingin tahan lama, aku lebih memilih matte. Aku ga pernah bawa eyeshadow kecuali memang mau ke pesta. Aku bawa palet kecil warna netral dan ada blushnya. Eyeliner, alis, maskara, ga boleh ketinggalan.

Skin care: saat inilah sample/travel size yang aku koleksi membawa peranan penting. Pastikan produk yang dibawa sama dengan yang biasa kamu pakai. Bukan produk baru, daripada kulit protes di jalan.

Body and hair care: bawa body lotion, aloe vera gel buat aftersun dan vitamin rambut 1 tube kecil aja, selebihnya pake produk dari hotel. Tips: bawa semua sabun atau sampo hotel pulang, manfaatkan kalau baru mbolang atau berenang keluar. Setelah abis, isi kembali dengan produk favorit di rumah. Aku lumayan benci sampo dan conditioner dari hotel tapi lebih benci lagi kalo harus ribet bawa dari rumah. Tube hotel ukurannya benar-benar sempurna buat menampung produk untuk kebutuhan sampai 3-4 hari. Atau bisa juga beli botol kosong, tapi memang biasanya sealnya ga oke dan ukurannya kurang pas.

BUKU! Ini penting! Bawa yang kecil aja atau beli di airport.

Trus aku bungkus semuanya pakai plastik yang ada perekatnya per bagian. Jadi beha sendiri, kaos sendiri, dsb. Untuk make up dan skin care aku taruh di container plastik. Selesai. Hosh hosh!

Tips lagi, kerja sama dengan partner traveling kamu. Cari apa saja yang bisa dishare dan bagi tugas, misal kamu bawa peralatan mandi dia bawa make up.

Biasanya dengan perhitungan ini aku cuma sisa baju bersih sekitar 2-3 potong soalnya sering banget sehari cuma pake 1 baju sampai malam. Apa yang kamu bawa tergantung dari kebutuhanmu dan seberapa jorok kamu. Semakin jorok semakin ringan dan praktis bawaannya.

Anyway, traveling itu bukan pindahan. Jadi kalau semuanya tidak seperti keseharian dan lebih jorok, itu sangat dimaafkan. Kalau 2 hari nggak mandi itu wajar kok. Apalagi camping atau ke pantai. Yay!

Selamat packing, Darling!

Smooch…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s