Penyebab Jerawat di Sekitarmu

Uncategorized

Ga usah jauh-jauh mikir penyebab jerawat. Banyak benda yang ga disangka-sangka yang jadi biang kerok. Keep on reading!

Tanganmu Sendiri

Udah cuci tangan belum? Main pegang muka aja. Etapi udah cuci tanganpun juga ga boleh asal pegang muka tanpa alesan dan ngupas-ngupas bekas jerawat. No. Ga boleh. Pantangan mutlak.

Handuk/Sponge

Aku ngeliat handuk dan sponge cuci muka sekarang terlihat seperti parut. Selembut apapun itu akan jadi berasa kasar dan menyakitkan untuk wajah iritasi atau berjerawat. Be gentle. Jangan pernah menggosok, habis mandi atau cuci muka cukup tekan dengan lembut handuk ke muka. Oiya, kalo jerawatan jangan pake alat bantu apapun buat bersihin muka seperti brush electric, clarisonic dan sebagainya. Tuhan udah ciptakan alat pembersih yang paling ideal kok: tangan. Lagi, pastikan cuci tangan sebelum membersikan muka.

Sarung bantal

Hayo kapan terakhir ganti sarung bantal? Keringat, residu produk rambut, skin care atau apapun yang nempel di area kepala dan muka ngumpul arisan jadi satu di bantal. Kalo ga percaya pake aja bantal bewarna gelap atau terang polos. Akan banyak pulau yang terbentuk dari air liur dan temen seangkatannya.

Tapiiiiii bantal bukan masalah besar kalau kamu bisa garansikan posisi tidurmu terlentang dan wajah ga kena bantal. Kalo terpaksaaaa banget belum sempat ganti sarung bantal, bisa pakai scarf/handuk lembut untuk bungkus bantal sementara.

Henpon

Nahloh. Kalo nelpon usahain pipi jangan nempel di layar ya. Sering-sering layar henpon dilap. Paling serem kalo liat bubur adonan bedak dan minyak wajah nemplok di layar henpon. Yikes!

Cahaya Matahari

Aku pernah merasa bersahabat dengan cahaya matahari, apalagi liburan. Ternyata dia ga sebaik yang aku sangka. Kulit (terutama yang sensitif) dan cahaya matahari, ternyata they’re not get along each other. Believe me. Harus ada pihak ketiga yang bernama SPF untuk menjembatani mereka berdua. Rajinlah pake sunscreen/SPF/sunblock/tirai matahari yang sesuai dengan kulitmu. Coba buktikan sendiri, you’ll thank me later. *sibakrambut

Air

Dalam hal ini air mandi yang panas atau air dingin banget. Bisa juga air yang sumbernya enggak bersih. Buat yang demen mandi/berendam pake air panas, harus berbesar hati untuk mempercepat durasi mandi dan agak mendinginkan air mandi. Misalkan enggak mau yaa… Sebisa mungkin pas cuci muka aja airnya agak didinginkan.

Walopun pengen banget aku juga sering menahan diri cuci muka pake air dari mata air di gunung. Bukan masalah airnya, airnya super bersih dan siap minum, masalahnya ada di suhu airnya yang super dingin. Bayangin aja badan kita pas panas keringetan diguyur air es. Halo iritasi!

Produk Rambut

Jerawatan di leher, dada, punggung, atau di daerah sekitar/sering kena rambut? Coba deh ganti produk rambut. Produk leave on seperti vitamin rambut mesti agak hati-hati milihnya karena bakal ninggal residu di kulit yang sering kontak sama rambut.

Tips: kalo keramas lakukan di awal, lanjutkan dengan pake sabun, dan cuci muka. Pake sabun dan cuci muka di belakangan supaya semua residu sampo dkk bisa bersih dari badan dan muka.

Tangan Pacarmu

Udah ga usah sok2an romantis-romantisan belai-belai muka. Banyak bagian lain yang lebih enak buat dibelai. Rambut misalnya. Yaelah, Bok. Mikirnya yang enggak-enggak. Jangan percaya siapapun, even itu pacar kamu. Mana mau dia ngaku kalo abis pipis ga cuci tangan. Hiyeeeekk…

Udara/Cuaca Ekstrim

Kalo tiba-tiba kamu pergi ke negara yang baru puncaknya  musim panas/winter ga usah kaget kalo tiba-tiba kulitmu protes. Cari tahu cuaca dan suhu negara yang akan kamu kunjungi dan sesuaikan skin care yang akan kamu bawa.

Makanan/Minuman Pedas atau Beralkohol

Eike ngerasa udah putus urat malunya. Jadi jangan ngira eike malu kalo tiba-tiba muka jadi merah waktu lagi ngebir atau makan pedes. Jika beruntung besoknya dapet bonus beberapa jerawat di muka. Oiya, makanan/minuman pemicu jerawat buat setiap orang beda-beda lo. Jadi kalian mesti amati sendiri ya…

Peralatan Mekap

Ngaku, kapan terakhir nyuci brush dan beauty blender? NGAKUUU!!! Bersumpahlah untuk lebih rajin bersihin peralatan mekap kalo pengen cepet sembuh jerawatnya.

Jadi kesimpulannya, jerawat itu super kompleks. Masih banyak penyebab lain seperti stres, tidak cocok produk, dsb, dsb. Ribet. Sebelum terburu-buru ke dokter, beli produk ini itu anu, perbaiki dulu kebiasaan-kebiasaan kecil yang mengundang jerawat arisan di mukamu.

Semoga sukses bersihin jerawatnya.

Smooch!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s