Kupat Tahu cap Google

Travel

Sesekali lah ngobrolin di luar gintju, Bok. Biar ga pada bosen liat make up teyus, kali ini aku pengen bahas topik yang ga jauh-jauh dari traveling juga: kuliner lokal. Blom pernah rasanya aku ngomongin soal makanan dan cara nyarinya, sesekali bolela yaa… Ga bolehpun juga tetep aku tulis kok. #sibakrambut

Nyampe di Magelang laper, yang kepikir adalah: sup senerek, kupat tahu, atau buntil. Berhubung pagi-pagi udah makan berat, nasi soto bersantan, kali ini aku pengen coba yang lebih enteng: kupat tahu.

Susahnya, disini banyak banget warung yang menjajakan menu kupat tahu tapi ga ngerti mana yang enak. Akhirnya googlinglah dan nemu banyak pilihan kupat tahu yang tambah bikin bingung lagi. Daripada gambling, akhirnya aku sort dan ambil pilihan dengan review tertinggi: Tapi yaa lihat-lihat juga jumlah reviewernya, kalo banyak bintangnya tapi reviewernya di bawah 5 yaa sama aja bo’ong. Mendingan cari yang reviewernya banyak dan dengan nilai yang ga tinggi mentok. Pilihan jatuh pada: Kupat Tahu Pelopor. Posisinya juga pas banget, di pinggir jalan utama. Ga perlu ribet masuk-masung gang. Ini bisa jadi cara terbaik kalo kalian sedang traveling dan cari tempat makan yang enak, dan males nanya-nanya.

Selain Google, ada opsi lain dengan nyari di Trip Advisor, tinggal urutkan saja dengan rating tertinggi. Dengan cara itu, kita bisa banyak dapet informasi dari reviewer, jam operasional, dan dapet bonus location yang bisa langsung diikuti dengan google map. Sangat-sangat membantu. Kalo google mapnya ngaco atau lokasinya nyelip, tinggal pencet call aja nanya langsung sama yang jual.

Warung kupat tahu ini terletak di pinggir jalan utama yang menghubungkan Magelang dan Jogja. Kalo dari arah Magelang memang mesti putar balik di jalur cepat yang lumayan wow ramenya itu. Kalo nurut si Gugel, alamatnya di Jalan Ringroad Barat, Mungkid, kota Magelang. Gampangnya si, minta tolong si Google ngarahin sekalian.

Sampai disana langsung disambut dengan jejeran berbagai macem gorengan dan kerupuk kulit. Sambil nunggu kupat tahunya mateng, bisa cemal cemil apa yang udah dihidangkan di meja. Oiya, pedesnya kupat tahu bisa disetel loh. Tinggal pesen mau cabe berapa atau tingkatan ga pedes, pedes sedang, pedes, pedes banget. Berhubung ukuran pedes setiap orang beda, aku lebih seneng request jumlah cabenya. Satu! Ga terlalu doyan pedes, soalnya setiap hari denger orang-orang nyinyir nanyain kapan kawin kupingku udah pedes.

Bener aja, nyampe di meja kupat tahunya kelihatan fresh dan oke banget. Tahunya digoreng ga sampe kering keriput dan teksturnya masi bagus banget, putih, dan lembut. Taoge dan kolnya juga masih kriuk. Semua yang ada di piring ga ada yang overcook sama sekali, ga seperti masakan jawa kebanyakan. Kuahnya manis pedas dengan campuran kacang. Ketupatnya seperti cuma buat pelengkap, yang penting ada carbo yang mengenyangkan. Tapi aseli, tahunya banyak banget sampe bener-bener puas. Singkat kata: enak dan ga ada eneg sama sekali. Buat porsi cewek lumayan kebanyakan, apalagi kalo yang pengen nambah gorengan.

Google memang ga salah milihin makan siang nih. Puas banget. Tapii… dari pengalaman sebelum-sebelumnya, cara ini memang ada kelemahannya. Rating dibuat berdasarkan review traveler yang biasanya mendatangi warung atau restoran di daerah wisata yang sudah kondang. Biasanya orang lokal punya andalan sendiri yang biasanya lebih oke. Nah, kalo kamu punya sodara atau teman yang tinggal di kota yang kamu datangi, bisa juga nanya-nanya. Trus tinggal search aja dan ikuti dengan map. Tapi kalo kamu baru pergi bareng selingkuhan atau pacar temenmu, demi kebaikan bersama mendingan pake caraku dengan langsung googling aja.

Udah kenyang, lanjut jalan-jalan dan nyari kopi. Search lagi dengan keyword: coffee shop Magelang. Nemu lagi yang namanya The Cabin. Sampe disana juga ga nyesel lagi. Tempatnya cakep, minuman dan makanannya enak. Yay!

‘Perjuangan’ indah menjemput tahu kupat dari Salatiga via Kopeng.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s