Gintjupedia: Warna Warni Warna

Beauty

Masih di seputaran istilah di dunia pergintjuan. Kali ini aku masih berkutat bahas istilah, kali ini giliran kelompok warna yang sering disebut-sebut oleh biuti blogger atau vlogger. Biar enggak clueless konon katanya si, sebelum kita belajar sesuatu lebih dalem, harus ngerti bahasanya dulu.

Disclaimer:

Saran perpaduan shade gintju dan mekap secara keseluruhan yang aku tulis adalah dandanan sehari-hari. Patokannya, yang ngelihat adalah mata manusia, bukan lensa kamera. Kalo tujuannya dipake buat foto, tekniknya udah beda lagi ya, Beb. Kalo mekap pake patokan ‘mata kamera’ dibawa ke kantor atau ke pasar yaa… mesti tabah kalo dikira bubaran group reog. Satu lagi, warna kulitku medium dengan warm undertone. Bibir agak item, jadi setiap pake gintju warnanya selalu agak ‘turun’. Kalo gitu, yukmari kita mulaiiii…

Bold

Warna gintju dikatakan bold kalau warna yang nongol setelah diulas super jreng dan solid. Misalkan: maroon, pink, plum. Jadi kalo dipake, pusat perhatiannya akan lari ke bibir karena warnanya yang bener-bener rich. Gintju bold paling oke kalo dipake bareng eyeshadow yang lembut atau hanya pakai cat eye eyeliner. Kalau mata udah dramatis sebaiknya pakai warna nude, kecuali pengen dikira ondel-ondel nyasar di kantor.

whatsapp-image-2017-01-31-at-7-56-36-am

Urban Decay Vice Lipstick, shadenya yang comfort matte dan cream cakep-cakep. Kalo yang bold itu shade Afterdark dan Firebird, kalo Hitchhike di kulitku masuknya nude, terus yang lain ada Crisis, terus satunya… ng… apa yaa. Duh kelamaan sampe lupa. :’D

Nude

Sepertinya semua cewek butuh warna aman ini. Warna yang mendekati warna kulit yang cenderungnya ke warna muda ke medium, dan natural. Shade dalam kelompok nude biasanya mendekati warna kulit kita. Aman dipakai buat harian atau di kantor, kalau ke pesta tinggal padankan dengan mekap mata dan shading yang agak dramatis. Keren!

Tapi masalahnya, milih warna nude ini malah yang paling tricky. Kadang kita ngeliat shade warna terang oke banget, dan ternyata setelah dipake seperti orang baru demam tinggi atau abis kena typhus. Pucet. No no no. Kalo buat kulit sawo matang paling aman nyari shade medium agak ke terang atau medium dengan shade kecoklatan atau agak ke pink, orange atau peach. Sebaiknya hindari gintju yang shadenya lebih terang dari warna kulit agar tidak terlihat aneh. Kalo pengen terlihat bibirnya lebih sehat dan natural, paling asik nyari gintju stick yang matte dengan finish creamy atau satin. Tsakeup!

WhatsApp Image 2017-02-08 at 3.39.33 PM.jpeg

Aku pake Bobbi Brown dengan shade Downtown Plum. Mungkin kalau kamu berkulit terang hasilnya akan terlihat lebih gelap. Shade ini di kulit medium seperti aku jadi tergolong nude. Yup, seperti ini kurang lebih aku pake mekap kalo ngantor.

Muted

Muted adalah warna yang tonenya diperhalus atau diturunkan intensitasnya dengan cara mencampurnya dengan warna lain. Misalkan nih kamu punya cat air warna ungu, maka untuk mendapatkan warna muted kamu harus mencampurnya dengan warna lain, misalkan contoh yang gampang: putih. Pada akhirnya akan tercapai warna ungu mendekati pastel lembut. Nah ini disebut sebagai warna muted. Kalo aku bilang, muted bisa dibilang warna ‘nanggung’ yang kadang ga jelas termasuk warna apa. Bisa juga intensitas warna diturunkan dengan warna yang lebih gelap, seperti hitam. Atau bisa juga dengan warna lain. Paling gampang mendefinisikan warna muted, adalah warna yang warna dominannya ‘dialihkan’ dengan menambahkan warna lain.

whatsapp-image-2017-02-12-at-1-47-54-pm

NARS Sarah Moon – Indecent Proposal Moon Matte Lipstick. Cakep mampus!

 

Vampy

Ga perlu jadi pacarnya Edward Cullen untuk bisa jadi vampir. Cukup cari shade yang deep untuk jadi terlihat lebih elegan dan misterius. Shade gintju yang vampy bervariasi mulai dari yang plum (keunguan), maroon, burgundy sampai kemerahan. Tergantung dari seleramu juga.

Curhat nih, nyari gintju yang ungu vampy susahnya setengah mati. Ada si, banyak, tetapi rata-rata formulanya kurang oke dan akhirnya jadi belang-belang ga bisa rata di bibir. Konon katanya Jeffree Star di vlognya, memproduksi mekap ungu (terutama yang warnanya tua) lebih susah buat formulanya. Saking keponya soal formula gintju ungu, akhirnya nyari-nyari dan nemulah artikel soal susahnya buat warna ungu ini.

Sama dengan bold, menyatukan riasan dengan gintju vampy memang harus hati-hati dan sering-sering ngerem pake warna yang terlihat terlalu harsh di wajah.

whatsapp-image-2017-01-31-at-7-55-17-am

Kylie Lip Kit shade Leo. Sekali oles di bibir dan seketika eike jadi vampir Jawa

Nah, itu kelompok-kelompok warna gintju yang sementara bisa aku bahas. Selanjutnya aku bakal bahas lagi ke shade yang lebih spesifik. Seperti plum, taupe, mauve, burgundy, dan sebagainya. Selalu, kalau ada yang perlu dikoreksi atau kurang lengkap disini, kasih tau aku ya Beb…

Muach!

 

Semua foto dan koleksi adalah milik Mbakyuku tersayang @sari_mulyo

I love you to the moon and back, Mbak!

ai

Ini nih, my fab sissy. Foto aku curi dari profile picture Whatsappnya. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s