Gintjupedia: Tekstur

Beauty

Gloss? Matte? Apaan sih? Cek disini istilah-istilah pergintjuan berdasarkan teksturnya!

Matte – Liquid

Nah ini nih, yang baru rame di jagad pergintjuan. Ada yang bilang juga ini dead matte kalo memang hasil akhirnya setelah kering jadi matte mampus. Ketika selesai diaplikasikan dan mengering, tampilannya meninggalkan warna solid yang tidak memantulkan cahaya sama sekali. Hasilnya akan lebih berasa kering daripada jenis gloss, sheer, atau cream. Setelah diaplikasikan beberapa saat, gintju akan mengering sampai ke sela-sela bibir sehingga garis-garis bibir akan terlihat. Nah, kalo udah bener-bener set atau mengering, jenis ini lebih sedikit meninggalkan jejak di gelas dan… ehm, pipi mas Ganteng. Jadi kalo ada rencana jalan bareng mas Ganteng, jenis ini aku rekomendasiin banget demi keselamatan bersama.

Ga lucu kaaan kalo nyampe rumah trus Mas Cakep ketemu mamanya

…dan mamanya nemuin cap lipstik

…di leher

… … … Ngok!

Ganti topik. Berhubung budaya kita ketemu sodara ato temen selalu pake acara yang cipika-cipiki, jadi pas acara gituan aku lebih menganjurkan pake matte biar pipi sodara ato temen ga belepotan kena gintju kamu.

Sebelum pakai liquid lipstick matte, aku sarankan pake lip balm dulu. Hapus bagian luar bibir dengan cara menempelkan tissue dan mengangkatnya tanpa digosok. Kemudian baru aplikasikan gintju cairnya. Oiya, kalo kondisi bibir sedang kering dan pecah-pecah, sebaiknya jangan pake gintju jenis ini dulu daripada tambah parah.

Cara touch upnya juga agak tricky kalo pake lipstik cair matte. Kalo main timpa aja, pasti pas kering bisa nggumpal dan rontok. Kalau aku pake salah satu dari 3 cara ini buat touch up:

  1. Hapus bersih sekalian, kasi lip balm, tempel tisu buat mengurangi lip balm di bibir, terus pake lagi gintju cairnya seperti waktu pertama kamu pake. Ya maap, ini sebenernya istilahnya bukan touch up (memperbaiki), tapi re apply (pake ulang). Ini yang paling ribet karena kita harus selalu sediakan pembersih bibir di tas.
  2. Kalo sekiranya masih tebel, cuma tengahnya aja yang bolong, pake aja lip balm atau lip gloss buat ngeratain dan nutup bagian yang bolong-bolong. Memang pasti pada akhirnya tekstur jadi berubah, ga matte lagi. Cocok kalo kamu pengen dapet tekstur lain yang lain dengan warna yang sama.
  3. Nah, kalo memang menginginkan warna dan tekstur yang sama, tinggal totol-totolin aplikator ke bagian yang ‘kosong’ tipis-tipis. Katup-katupkan bibir buat ngeratain dan biarkan kering.

Kalo kalian seneng bereksperimen, tambahkan eyeshadow metallic di atas liquid lipstick yang mulai mengering dan masih agak lembab. Whoa!

 

Matte – Stick

Ada yang bilang ini comfort matte, ada yang bilang creamy juga. Ada juga yang ngatain satin, yang konon katanya punya tekstur yang lebih lembut dan enteng. Yaah, biasalah marketing, semuanya dibuat berbunga-bunga dan diklaim berbeda supaya terlihat menarik. Kenyataannya memang, tekstur gintju juga udah mulai beda-beda tipis dan susah dibedain. Ga cuma genre musik yang nasibnya kecampur-campur ga jelas nih, gintju nasibnya juga sama.

Sebagian besar gintju matte yang aku maksud ini, dikemas dalam bentuk stick atau pensil chubby.  Ini favoritku kedua setelah matte, karena menjanjikan warna yang bold kalo dipake dan tidak terlalu mengkilat. Hasil akhirnya seperti matte, tetapi garis-garis bibir tidak terlihat sangat menonjol, bibir terasa lebih lembab dan tetap ada pantulan cahaya walaupun sedikit.

Asiknya, gintju matte kita bisa ‘setel’ intensitasnya. Kalo pengen bold yang agak mengkilat, tinggal pakai seperti biasa. Kalau pengen mengkilatnya ilang, tinggal tempel tissue, angkat buat menghilangkan kilatannya. Kalo pengen lebih enteng lagi tinggal pat tissue beberapa kali sampai dapet warna yang diinginkan. Kalo pengan jadi glossy tinggal timpakan gloss diatasnya. Touch up? Tinggal usep dan ratain aja sewaktu awal pakai, kelemahannya memang cuma satu, biasanya kalo udah nyaris seharian dipakai jadi ‘ngumpul’ di bagian paling luar bibir. Jadi intensitas warnanya di tengah dan luar bibir jadi beda, yang luar jadi lebih tebel daripada yang di bagian dalem.

 

Metallic

Setelah diaplikasikan, gintju ini akan memantulkan cahaya dari shimmer yang berukuran mikro yang di dalamnya. Sebagian besar dipasarkan dalam bentuk liquid lipstick. Yang sementara ini aku punya jenis hasil akhirnya bisa mengering, sepertinya ada juga yang teksturnya seperti gloss. Aku belum mengoleksi karena pada dasarnya kurang suka dengan sesuatu yang terlihat terlalu bling-bling. Jadi yaaa… maap kalo soal yang satu ini aku masih belum bisa cerita banyak karena masih kurang referensi yaa…

 

Gloss

Efek yang dihasilkan sangat mirip kalo kita abis makan gorengan sepiring dan bibir ga dilap pake tisu. Ada yang pake shimmer, ada yang bening, dan ada yang berwarna. Musuh terbesar untuk gloss berwarna: minyak. Kalo abis makan berminyak, mendingan hapus sampai bersih terus aplikasikan ulang daripada jadi nemblong-nemblong.

Gintju gloss ini cocok kalau kamu baru banyak kegiatan indoor. Mengapa indoor? Gila aja bawa bibir lengket keluar. Mulai dari debu, solar, dan kotoran-kotoran beterbangan rasanya nempel semua di bibir. Kalo indoor kan paling yang nempel mas-mas dari departemen sebelah atau dedek-dedek brondong lewat. #eh

Kalo aku pribadi kurang suka dengan gloss, apalagi yang berwarna warniiiii… Kurang nyaman di bibir dan berisiko banget belepotan kemana-mana. Aku pake gloss cuma kalo rambutku baru digelung rapih. Soalnya kalo digerai, kadang ga sengaja nempel di bibir dan reflek mindahin dengan narik rambut yang akhirnya menyisakan garis panjang cantik di pipi. Yak, seketika make up sudah sukses jadi berantakan!

Gloss sekarang warnanya udah banyak yang bold. Jadi kalau salah aplikasi malah jadi belang-belang. Buat amannya, bebaskan bibir dari minyak berlebih dan kotoran. Pakai lip balm secukupnya dan angkat seperti cara pake gintju matte, terus aplikasikan merata. Kalo touch up, mendingan hapus semua dan ulangi dari awal prosesnya lagi. Soalnya kalo abis makan, banyak remah-remah makanan ikut nempel di bibir gara-gara gloss yang dipake. Yikes! Oiya, pastinya untuk gloss daya tahannya yang paling rendah dari yang lain alias paling cepet ilang atau keangkat.

 

Sheer

Transparan dan agak mengkilat. Istilah gampangnya, macem lip balm yang ada ada warnanya. Jadi setelah diaplikasikan bibir tetap terlihat, tetapi mengkilat (lebih mengkilat dari matte tetapi ga semengkilat gloss). Ibarat kain, jenis ini seperti kain chiffon. Terlihat transparan, warnanya lembut dan kulit kita masi keliatan. Cocok kalo kamu pengen dandan tanpa ingin terlihat berlebihan. Pas pake esedo yang dramatis juga bisa diimbangi dengan gintju sheer. Trik berat-ringan bisa dipakai kalo pengen mekap oke tanpa keliatan ‘terlalu berusaha’.

Beda dengan gloss, yang walaupun terlihat basah tetapi tidak melembabkan bibir, kalo sheer ini walaupun kinclong, bibir berasa lembab dan super nyaman.

 

Tint/Stain

Nah, ini juga beda-beda tipis sama sheer tapi nyaris ga ada kinclong di bibir. Tint ini warnanya semacem meresap ke bibir. Jadi tekstur bibir terlihat kalau tidak pakai apa-apa, tetapi ada ada warnanya. Biasanya si lip tint juga bisa dipake di pipi jadi blush on dan kemasannya hampir seperti liquid lipstick dengan aplikator yang hampir serupa. Aku belum dapet lip tint yang aku suka, kalo kalian ada rekomendasi brand dan shade yang oke, aku mau banget dikasi tau apa yang mesti aku coba.

So far, ini jenis gintju yang ada di dalam laciku yang bisa aku ceritain ke kalian. Kalo ada informasi yang kurang tepat disini atau ada rekomendasi tambahan, dengan senang hati akan aku terima dan aku update.

*Smooch!*

img_4843

Semua gintju yang berada dalam foto adalah koleksi embak tersayang Sari Wardani, dan dia sediri yang ambil fotonya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s