Yuk Nyepi!

Travel

Ini bukan ajakan mojok. Tapi nyari tempat-tempat yang sepi dan tenang untuk menjalankan ibadah piknik. Memang sebagian besar tempat piknik yang sepi itu di alam, dan butuh effort lebih buat sampai kesana. Ada si tempat sepi yang gampang dicapai, tapi sejauh ini yang aku tahu cuma WC dan kuburan.

Mengapa nyepi di itu asik? Nurut aku ini alesannya:

  1. Dapet foto ‘bersih’

Kalo aku si, tujuan utama piknik itu buat cari suasana baru sambil liat/ambil foto pemandangan (dan selfie-selfie dikit bolelaaa yaaa). Nah, nurutku agak ga asik juga kalo baru ambil foto landscape kena ‘bocor’ pantat, punggung, kepala orang ato tongsis-tongsis yang menjulang tinggi. Kalau di destinasi yang jarang dijamah orang, bisa dibilang kemungkinan foto steril dari kebocoran semakin tinggi.

Oiya, plis bingit use your tongsis responsibly. Aku sering bangetΒ nyaris kesamber tongsis abege-abege narsis di tempat wisata yang padetnya ampun-ampunan. Nyebelin kalo pake tongsis asal ayun kiri-kanan ga liat orang lewat.

2. Seperti pindah ke planet Namec.

Biasanya destinasi jadi sepi karena susah dijangkau. Butuh effort lebih buat sampai kesana, jadi ga banyak orang yang datang. Untungnya tempat-tempat yang kece luar biasa susah dijangkau orang, jadi selain pemandangan keren, ga ada gangguan banyak orang. Suasananya biasanya juga beda dan ‘aneh’, berasa di negara, atau malah planet lain. Ga cuma pemandangan, bahkan udara dan orang-orangnya juga bener-bener beda dibandingkan di tempat tinggal kita.

3. Bisa menjalankan ibadah piknik dengan tenang.

Tempat piknik sepi itu surganya manusia anti sosial (kaya aku). Bukannya anti tempat rame, seperti layaknya cewek normal, akupun juga seneng mall dan objek wisata mainstream. tapi memang tempat sepi memungkinkan kita lebih bebas mengeksplorasi apa yang ada. Pastinya tanpa harus antri, bebas pungli yang menyebalkan, ga ada pedagang asongan yang maksa-maksa, dan tanpa gangguan.

4. Cuek

Mau lari-lari di tepi pantai ga pake celana, foto dengan pose kayang, ga ada yang peduli.

5. Berasa ‘kecil’

Agak dalem nih. Dari semua keindahan dan kemegahan yang kita lihat di alam,Β semakin diperhatiin dan dicermati rasa-rasanya aku jadi semakin kecil dan minder. Dibandingkan alam semesta yang luar biasa gede ini, kita ga ada apa-apanya.

Jadi ngebayangin, semua obsesi kerja keras dan apapun yang kita lakukan buat bertahan hidup jadi ga ada artinya kalau kita udah ke alam terbuka gini. Gambarannya gini, amit-amit yak, sekali lagi amit-amit, dok dok dok (ketok kayu 3 kali), mau nyombong sekuat dan sekeren apapun, segede apapun kuasanya, kalo emang apes nyebur di tebing/jurang atau keseret arus di laut kita bisa apa? Manusia ga ada apa-apanya dibanding alam semesta. Efeknya ntar kalo balik di dunia nyata bisa lebih humble dan bersyukur dengan apa yang ada.

6.Β Orang-orangnya super ramah

Yes, sekalinya ketemu sesama manusia, biasanya mereka baik banget. Coba deh kalo ga percaya, orang-orang (baik penduduk lokal atau sesama pendaki) di gunung itu lebih humble dan ga segan membantu. Apalagi penduduk lokal, mereka akan kasih informasi apapun yang kita butuhkan. Jadi kalau ketemu sesama manusia (kalo ketemu monyet enggak usah, simpen aja bawaan biar ga direbut) jangan lupa pasang senyum paling tulus dan nyapa. Karena kalo kita butuh pertolongan, merekalah yang kita butuhkan untuk membantu.

Tip: bawalah sesuatu dari rumah. Makanan, oleh-oleh, atau apapun yang khas dari daerahmu. Kalau ketemu penduduk lokal, berikan ke mereka dan jelaskan apa yang kamu beri. Mereka bakal seneng banget, dan ekspresi yang bakal kamu dapet: priceless! Ketulusan dan kepolosan mereka super otentik dan tidak dibuat-buat.

7. Bebas SAMPAH!

Booook… Plisss kemanapun kalian pergi bawa kantong buat sampahmu dan bawa pulang. Paling gemes kalo liat tumpukan sampah yang ditinggalkan 4L4y3Rs di tempat piknik.

Bolehlah buang mantan sembarangan, tapi kalo sampah jangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s