Jerawat! Part 2: Perawatan

Beauty

DISCLAIMER!

Lagi, cara perawatan jerawat beda pada setiap orang. Gaya hidup dan lingkungan sangat mempengaruhi. Jadi, kalau cara-cara di bawah bisa berhasil di aku, belum tentu bisa berhasil di kamu.

Singkat kata, jerawatku membaik setelah sepupu kasih referensi web ini: http://www.acne.org/

Bukan gara-gara pakai produknya, karena tidak mungkin juga beli langsung karena peraturan di negara kita tidak bisa mendatangkan kosmetik dan skin care dari luar negeri. Kecuali kalau kamu punya ijin dari BPOM untuk mengimpor kosmetik, boleh aja dicoba. Soalnya aku juga udah pernah coba dan direject di bea cukai, akhirnya barang diretur, uang sejumlah harga barang direfund, tetapi ongkir nggak balik. Nasib. Namanya juga usaha.

Dari web ini aku jadi tahu banyak hal tentang jerawat dan perawatannya. Coba deh kalo kamu pengen tau tentang kondisi kulitmu iseng ngisi quiznya. Berdasarkan hasil quiz kamu bakal tahu apa yang selama ini kamu lakukan sudah benar atau masih salah. Dari sini juga kamu juga bisa dapat saran-saran yang cocok buat merawat wajah sesuai keadaanmu. Ini linknya: http://www.acne.org/personalized-advice.html

Separah apa jerawatku dulu? Pernah sampai jerawatnya desek-desekan gara-gara udah ga ada tempat lagi. Mulai yang bernanah, kecil, besar, jerawat batu, jerawat arisan, numpuk, beranak, ada semua. Kalau baru traveling dapet suhu ekstrim dingin, kering atau ke pantai kena panas mesti jadi merah, gatel, berminyak tetapi flaky seperti mengelupas. Plus alergi kena keringat sendiri, jadi tambah gatel dan parah jerawat kecil-kecilnya. Kalau yang ini belakangan aku baru tahu dari beberapa sumber di web kalau ternyata ini gejala rosacea acne. Apa pula ini? Ntar dibahas terpisah ya.

Di acne.org ini aku dapet pencerahan, alah, tentang bagaimana memperlakukan wajah berjerawat. Karena keadaan muka yang udah memprihatinkan, aku ga berani coba kasih apa-apa ke muka. Satu-satunya advise yang bisa aku kasih kalau jerawat udah parah memang cuma: cari dermatologis atau dokter kulit yang terpercaya. Ini memang sama susahnya dengan sembuhin jerawat itu sendiri. Soalnya cocokan juga dengan metode perawatan dan obatnya.

Kalau dikasih skin care dari klinik, inget bahwa kalau produknya diaplikasikan ke kulit jangan sampai yang berefek ekstrim. Seperti merah, mengelupas, panas atau perih. Kalau memang efek sampingnya ga mengkhawatirkan seperti itu, mendingan bilang ke dokternya. Kalau dokternya jawab ‘memang gitu prosesnya’ mendingan nyari dokter atau klinik lain. Bha. Ha. Ya.

Kalau memang semua krim, obat, pembersih, atau sabun buat perawatan dirasa sudah aman dan tidak menyakiti kulit, bolehlah dilanjut. Berikut cara prinsip dan cara merawat wajah berjerawat yang aku contek dari video acne.com dengan beberapa penyesuaian.

Acne Equation

Jerawat itu ada prinsip dan rumusnya ternyata. Baru tahu juga disini. Ini nih rumus ‘persamaannya’:

Iritasi = Jerawat

Yes, sesimpel itu. Artinya, semakin parah iritasi maka jerawat akan semakin parah. Semakin sedikit iritasi, jerawat juga semakin males datang. Yang harus benar-benar kita dipahami adalah penyebab iritas: gosokan, garukan, dan sering dipegang-pegang atau bersentuhan dengan sesuatu. Kesimpulannya, itu tangan jangan sesekali iseng-iseng mencet, ngelupas, pegang-pegang muka atau jerawat. Kalau memang sudah jadi kebiasaan memang susah, tetapi bukan berarti ga bisa diubah.

Cara Membersihkan

Cuci tanganmu dulu dengan sabun, kalo perlu cuci tangannya pake sabun muka yang kalo mau dipake sekalian. Bilas sampai bersih. Berikutnya, basahi muka dengan merata. Kalo kamu melakukannya di sink/washtafel usahakan kontak tangan dan muka sesedikit mungkin. Usahakan banyakin air saja yang kontak dengan muka. Kalau pakai shower atau gayung, biarkan air mengalir ke wajah. Jangan digosok atau menyentuh muka. Ingat prinsip mengurangi iritasi, jangan kebanyakan kontak dengan kulit bermasalah.

Ambil sabun sesuai petunjuk pemakaian, atau ditambah jika hasilnya busa yang dihasilkan sedikit. Yang kita cari adalah busa dari sabun, bukan sabun itu sendiri. Basahi sabun yang di tangan dengan air dan gosokkan kedua tangan selama 10-20 detik sampai menghasilkan busa yang tebal. Gunakan busanya untuk mencuci muka. Gunakan tangan, jangan pakai alat bantu lain seperti handuk atau alat pembersih muka, sikat kamar mandi juga jangan. Saat menyabun muka, barely touch your face! Usahakan sesedikit mungkin kontak muka dan tangan. Usahakan busa yang kontak dengan wajah. Ratakan busa sabun dan biarkan busa yang bekerja membersihkan muka, lakukan selama maksimal 10 detik! Bersihkan dengan cara seperti membasahi muka. JANGAN DIGOSOK!

Sebaiknya lakukan semua aktivitas mandi lain dan baru akhiri dengan cuci muka. Tujuannya biar semua residu dari produk-produk lain seperti shampoo, conditioner, atau sisa pasta gigi ikut bersih dari muka. Ga ngerti juga kan kalo sisa-sisa produk itu juga jadi biang kerok jerawatmu.

Setelah selesai, keringkan dengan handuk bersih. Tidak boleh digosok juga. Diusap juga ga boleh. Tekan dengan lembut handuk ke wajah dan biarkan secara perlahan air diserap oleh handuk.

Tunggu 5 sampai 15 menit untuk mengeringkan wajah. Lakukan aktivitas lain sambil menunggu, memilih pakaian kerja, atau mungkin, menyelamatkan dunia. Kalo dokter kasih toner, tuangkan ke kapas dan tepuk-tepuk perlahan ke kulit. Tunggu lagi sampai kering.

Acne Treatment

Kalau kamu sudah pegang HP, handle pintu, atau apapun, silakan ke kamar mandi cuci tangan lagi. Ribet? Iya. Mau sembuh nggak? Kalo mau sembuh do it strictly dan harus sabar.

Ambil produk treatment, mungkin krim pagi atau krim malam, bagi di beberapa titik di wajah. Ratakan dengan cara yang lembut, pelan-pelan, dan jangan digosok! AGAIN, JANGAN DIGOSOK! Memang lama, tetapi sesedikit mungkin membuat iritasi timbul akan lebih baik. Hindari area mata dan bibir.

Setelah krim benar-benar meresap, pakai bedak tabur yang hypoallergenic atau beli saja di tempat dokternya. Kalo mereka ga jual minta advise apa bedak yang aman. Kalo aku pakenya transcluent powdernya Clinique warnanya yang transparent. Sekali lagi, cocok di aku belum tentu cocok di kamu. Dulu aku salah kaprah dengan tidak pake bedak sama sekali karena takut break out atau jerawatan. Ternyata mukaku sensi dengan cahaya matahari berlebihan dan salah satu cara kasih tamengnya adalah dengan bedakan. Kalo ga yakin dengan kebersihan brush atau sponge, bisa pake kapas aplikasikannya. Selesai pake buang. Besok ganti baru lagi dan udah pasti bersih.

Gaya Hidup

Nah, setelah melakukan cara-cara diatas, perbaiki gaya hidup dengan cara berikut:

  1. Minum air putih yang cukup. 2 liter sehari konon katanya. Airnya ga perlu dikasi warna dan aroma. Apalagi aroma cocopandan. Polos aja.
  2. Dilarang keras pegang-pegang muka. Apapun alasannya. Kalo ada yang pegang mukamu, tampar! Ya ga gitu juga kali. Oiya, saking sensitifnya, kalo keseringan facial (2 minggu sekali misalnya) mukaku juga ga kuat. Bukannya tambah bersih, tetapi habis facial mesti keluar jerawat kecil putih2. Ini terjadi di aku, tetapi enggak di mbak2ku. Mereka abis facial mesti tambah kinclong. Tuh kan, beda-beda lagi.
  3. Olah raga. Minim 2 kali seminggu.
  4. Perbanyak buah dan sayur, kurangi lemak dan gorengan. Inget makanan/minuman apa yang jadi pemicu jerawat, hindari!
  5. Tidur yang cukup. 8 jam sehari. Di rumah. Jangan di kantor nanti dipecat. Jangan di kelas nanti diusir dosen.

Sebenarnya ada penyebab jerawat lagi, dari ketidakseimbangan hormon, kalo itu urusannya dengan dokter aja ya.

Terkadang cewek ga sabar dan ga puas dengan hasil skin care. Ya, memang skin care butuh waktu buat bekerja. Jadi selama tidak ada efek samping, lanjutkan dulu saja. Jangan salahkan dokternya atau skin carenya. Mungkin selama ini kamunya sendiri yang mungkin belum tahu cara memperlakukan kulit wajah bermasalah.

Gitu ceritanya, dengan pinjam cara perawatan acne.org jerawatku banyak berkurang. Semoga cara yang sama bisa dipake juga di kamu. Oiya, ini alamat klinik langgananku sejak aku SMA. Kalo kamu di area Semarang atau Salatiga dan ‘butuh pertolongan’ untuk mukamu mungkin bisa dicoba:

Klinik Mediker

Jl. DI. Panjaitan No. 42 Semarang
No. Telp. : (024) 3561118, 3544784, 3541275

Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s